Ternyata Air Bisa Digunankan Untuk Memotong Logam

waterjet


Air merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat melimpah di dunia. Air sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia di dunia. Sepertinya hampir setiap hari manusia selalu membutuhkan air untuk keperluan mereka sehari-hari.

Selain menjadi kawan bagi manusia, di sisi lain air juga dapat menjadi lawan manusia. Contohnya pada saat terjadinya banjir dan tsunami air mampu menghancurkan bangunan rumah. Dibalik sifat merusak yang dimiliki air, ternyata sifat merusak ini dapat dimanfaatkan untuk memotong logam yang sangat keras. Bagaimanakah caranya? Caranya adalah dengan menggunakan waterjet.

Waterjet adalah alat yang digunakan untuk memotong logam dengan memanfaatkan aliran air yang memiliki tekanan sangat tinggi. Kekuatan tekanan air dari waterjet adalah sekitar 30 kali dari tekanan alat penyemprot air yang biasa digunakan untuk mencuci mobil. Jika dihitung tekanan air dari waterjet ini sekitar 20.000-55.000 PSI

Kunci untuk pemotongan logam dengan water jet adalah untuk menjaga semprotan yang koheren. Waterjet dapat memotong logam karena semprotan disalurkan melalui nozzle permata yang sangat sempit pada tekanan yang sangat tinggi untuk menjaga semprotan yang koheren.

Waterjet bertekanan rendah pertama kali digunakan untuk pertambangan emas di California pada tahun 1852. Waterjet bertekanan tinggi digunakan untuk pertambangan di tahun 1960-an. Waterjet pertama kali digunakan pada industri pada sekitar tahun 1980.

Di masa lalu, hanya satu potongan logam yang bisa dipotong dalam satu waktu dengan gergaji atau logam lain dengan proses pemotongan mekanis lain. Hal itu tentunya tidak cukup efektif dan efisien. Dengan waterjet yang digunakan saat ini di industri dapat digunakan untuk memotong berbagai bahan lunak dan keras. Sebagai contoh dapat dilihat di video di bawah ini.



Ternyata Air Bisa Digunankan Untuk Memotong Logam Ternyata Air Bisa Digunankan Untuk Memotong Logam Reviewed by on 11.04 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh sololos. Diberdayakan oleh Blogger.