Teras Cihampelas Jadi Ikon Baru Kota Bandung

Teras Cihampelas

Teras Cihampelas atau Cihampelas Sky Walk baru saja diresmikan pada 4 Februari 2017. Peresmian dilakukan langsung oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial bersama dengan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bandung Atalia Ridwan Kamil, di Jalan Cihampelas.

Teras Cihampelas merupakan bagian dari rencana Kota Bandung yang tercantum dalam Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Zonasi Kota Bandung pada 2015-2035. Skywalk yang dibangun sepanjang 400 meter, dengan lebar 7,6 meter ini menyediakan jalur pedestrian yang aman dan nyaman.

Ridwan Kamil mengklaim fasilitas bagi pejalan kaki ini adalah yang pertama di Indonesia. Sementara di dunia, konstruksi semacam ini baru ada di Korea Selatan dan New York, Amerika Serikat. Itupun tidak sama dengan yang ada di Bandung.

Menurutnya, Teras Cihampelas menjadi bagian dari inovasi di Kota Bandung. Ia berharap setiap tahun ada sesuatu yang baru hadir di kota ini. "Inilah komitmen kami di bidang infrastruktur, bahwa kami ingin menghadirkan inovasi. Kami ingin uang rakyat ini kembali kepada rakyat dalam bentuk macam-macam, salah satunya infrastruktur yang inovatif," tutur Wali Kota.

Pembangunan Teras Cihampelas ini dibuat dengan menggunakan produk precast concrete hollow-core slab sebagai pelat lantai. Pembangunan dilakukan selama 100 hari kalender dengan penambahan waktu sekitar 1 bulan untuk penataan akhir.

Konstruksi sepanjang 450 meter, dengan lebar rata-rata 7,6 meter dan tinggi 4,6 meter, sebetulnya merupakan sarana untuk pejalan kaki. Hanya saja, pemerintah kota juga turut memfungsikan sarana tersebut sebagai ruang publik dan ruang komersial.

Pemerintah menempatkan 192 Pedagang Kaki Lima yang tadinya berjualan di area trotoar untuk meramaikan Sky Walk. Para pedagang tersebut ditempatkan di 2 zonasi, yakni zona kuliner dan zona souvenir. Ada pula zona taman yang secara khusus tidak ditempati pedagang.

Sky walk ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang. Terdapat 6 tangga, 3 toilet, 1 musala, dan 1 lift. Ada pula jalur khusus untuk penyandang disabilitas sehingga mereka tetap bisa menikmati fasilitas ini.

Teras Cihampelas Jadi Ikon Baru Kota Bandung Teras Cihampelas Jadi Ikon Baru Kota Bandung Reviewed by on 05.28 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh sololos. Diberdayakan oleh Blogger.